Deklarasi Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia

0 273

MALANG, AWPI.OR.ID - Para wartawan seluruh indonesia berkumpul di Kota Malang, Jatim, mendeklarsikan Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) secara nasional di Graha Hotel Gajahmada, Malang, Sabtu (29/11/2014).

Deklarasi dihadiri perwakilan KOWIL dan DPC AWPI Se-Indonesia.

Mengusung tema: Tegakan dan Amalkan Undang Undang Pers dan kode Etik Jurnalistik, Demi Mewujudkan indonesia yang habat, damai, sejahtera, adil makmur dan bermartabat. Dilanjutkan baksti sosial melintasi lintas generasi berbagi bersama.

Dekrasi ini sekaligus memperingati hari sumpah pemuda dan hari pahlawan nasional 2014.

Ketua Umum DPP AWPI Ir. Nadiyanto, MMfg menegaskan “Setelah lembaga Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif, Pers adalah pilar ke empat Demokrasi, lembaga pers yang dalam hal ini adalah wartawan selaku ujung tombaknya, untuk itu AWPI hadir sebagai wadah Wartawan Profesional,” Tegasnya.

Dedi sapaan akrapnya menambahkan, bahwa Wartawan merupakan garda depan Pers sebagai wahana untuk penyeimbang penegakan demokrasi. Ungkapnya

Pers memang mempunyai tanggung jawab sebagai social control serta public opinion, yang di dalamnya saudara saudara kita wartawan; maka AWPI didirikan sebagai wadah bagi Wartawan untuk tercapainya independensi pers di indonesia

Bung Dedi sapaan akrab Ketua Umum AWPI menjelaskan “Pers dijamin kemerdekaannya dan diakui UUD 1945 serta UU No.40 tahun 1999. Oleh sebab itu pers diharapkan bisa menjalankan fungsi kontrol bila melihat terjadi penyimpangan terhadap demokrasi dan hukum, menjalankan fungsi sebagai pilar keempat demokrasi” jelasnya.

Agenda terdekat AWPI adalah Diklat Jurnalistik, Sertifikasi Jurnalis, pembentukan Koperasi AWPI, serta diklat revolusi mental.

Agenda ini sangat penting guna mendukung dan mengontrol program pemerintahan kedepan sesuai UU yang berlaku. Ungkap Bung Dedi sapaan akrap Ketua Umum DPP.AWPI

Dalam keterangan IT Ketua Bidang Advokasi AWPI Yusuf Ahmadi menjelaskan; AWPI Merupakan Asosiasi Wartawan Profesional sebagai wadah organisasi bagi Wartawan diluar perusahaan pers.

Deklarasi AWPI menghimpun Wartawan sebagai jurnalis yang juga disebut sebagai suatu profesi, merupakan pekerjaan yang mulia, menarik dan penuh tantangan.

“Sebagai profesi maka wartawan harus profesional sebagai pilar mengawal demokrasi. Dengan AWPI, Wartawan berorganisasi agar mampu menjadi jurnalis profesional dan proporsional,” terang Yusuf Ketua Bidang Advokasi DPP AWPI. Sabtu (29/11/2014).

AWPI medapatkan pengesahan dan berkantor di Gedung Dewan Pers. Dengan SK Kepmenkum & HAM No.AHU-129.AH.01.07 Tahun 2014 dan berkantor di Gedung Dewan Pers Lt.5 JL.Kebon Sirih No.32-34 Jakarta. (Arsip Berita AWPI)

Berita sudah tayang di berbagai media Tahun 2014:

https://citraindonesia.com/deklarasi-asosiasi-wartawan-profesional-indonesia/

http://m.beritahukum.com/detail_berita.php?judul=Deklarasi+Asosiasi+Wartawan+Profesional+Indonesia+(AWPI)+di+Kota+Malang&subjudul=AWPI

Category: AWPI NEWS
author
No Response

Leave a reply "Deklarasi Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia"